|  Selamat Datang di VOKUZcom - Audio Video System Integrator & Store
Contact Us: +62 21 3513351 
 

Tips Membangun High End Audio System (Part I)

Sebagai seorang audiophile/videophile, tentu merupakan suatu dambaan apabila komponen yang dibeli dapat dirasakan keindahan dan kemerduan dari suara yang dihasilkannya. Ada dua tantangan yang biasanya muncul ketika hendak membangun high end audio system. Tantangan yang pertama adalah soal kepuasan terhadap perangkat yang kita miliki nantinya. Memang sulit sekali agar kita dapat terpuaskan dari suara yang dihasilkannya. Lalu, tantangan yang kedua adalah bagaimana memaksimalkan kepuasan kita dengan alokasi dana yang ada.

 Sound-System-Speaker

Sound System Speaker

 

Perencanaan Membangun High End Audio System

Perencanaan merupakan hal yang terpenting sebelum melakukan suatu kegiatan, baik dalam komunitas kerja maupun dengan kegiatan sehari-hari. Demikian pula pada saat ingin membeli barang elektronik, penting sekali apabila kita sudah dapat menentukan barang apa yang kita beli, berapa harganya dan mengapa kita membeli komponen tersebut sebelum memutuskan membelinya.

Langkah pertama adalah menentukan berapa besar anggaran yang dialokasikan untuk membangun system audio. Tentukan batasan maksimal dan target komponen yang akan dibeli. Kita perlu berhati-hati dengan ambisi kita dalam berburu peralatan high end audio. Banyak sekali kasus di mana seorang audiophile telah berbelanja sampai angka yang luar biasa besar, tetapi suara yang dihasilkan dari audio system-nya tidaklah sebanding dengan apa yang telah dikeluarkannya. Bukan karena komponennya jelek, melainkan karena komponen-komponen tersebut tidak bersinergi untuk menghasilkan suara yang baik, tetapi justru sebaliknya. Misalnya, loudspeaker yang dipilih adalah yang berkarakter ‘bright dan super detail’ dan amplifier yang dipilih juga yang berkarakter ‘bright’. Alhasil audio system-nya hanya dapat didengar pada setengah jam pertama, sedangkan selanjutnya kita sudah lelah dan jenuh dibuatnya.

Pengenalan Komponen Umum pada High End Audio System

Sebagai langkah awal untuk membangun ruang audiophile/videophile, ada baiknya mengetahui komposisi umum untuk sebuah high end audio system.


Komposisi 1


Komposisi 2

CD Player

CD Player

Integrated Amplifier

Pre Amplifier

Speaker

Power Amplifier

Cable & Accessories

Speaker

 

Cable & Accessories

Setelah mengetahui komposisi komponen dasar suatu high end audio system, selanjutnya adalah menentukan berapa budget yang akan dialokasikan ke setiap komponen tersebut. Dana ruang dengar idealnya sekitar 30% – 75% dari total presentase biaya pada tabel di bawah ini. Akan tetapi, hal ini tidaklah mutlak. Keidealan yang paling umum berlaku untuk membangun ruang dengar adalah sebagai berikut:


Komponen


Presentase

CD Player

20%

Amplifier

30%

Loudspeaker

40%

Cable & Accessories

10%

 

Loudspeaker pada High End Audio System

Dari presentase di atas, terlihat bahwa loudspeaker paling banyak menyerap dana dari high end audio system. Mengapa demikian? Tentu karena loudspeaker memang merupakan hal yang paling vital dari reproduksi suara. Loudspeaker merupakan penguat suara paling akhir dan paling menentukan dari warna suara yang dihasilkan. Setiap pergantian speaker dapat dengan mudah dirasakan walupun oleh seorang pendengar biasa. Untuk membedakannya, tidak diperlukan seorang audiophile yang bertelinga sangat peka. Treble yang lebih terbuka, mid yang manis, ataupun gebukan bas yang dalam dan tight dapat dengan mudah didengar perbedaannya dan sangat terpengaruh dari kualitas loudspeaker yang terpasang. Oleh karena itu, komponen ini layak menerima kucuran dana yang Anda alokasikan untuk membangun suatu system reproduksi suara.

Hal yang paling mudah untuk menentukan suatu loudspeaker yang baik adalah resonansi boks loudspeaker tersebut. Biasanya boks yang baik adalah yang tidak menimbulkan resonansi bunyi sama sekali atau menekan sekecil mungkin resonansi bunyi. Karena resonansi  menimbulkan bunyi yang tidak dikehendaki dalam reproduksi suara dan meyebabkan kolorasi suara. Untuk mengetahui kualitas boks speaker, cukup dengan mengetuk secara halus boksnya. Apabila menimbulkan suara yang kosong hampir dapat dipastikan resonansi suara yang timbul besar dan apabila terkesan mati atau berisi, maka boks tersebut mempunyai efek resonansi yang kecil.

Manufaktur-manufaktur terkemuka banyak menginvestasikan dananya untuk riset dan perkembangan teknologi boks speaker, seperti Wilson Audio Specialties dengan teknologi ‘M Material’ yang sangat rumit pembuatannya, Celestion yang mengembangkan bahan Aerolam, bahan untuk pesawat ruang angkasa pada seri SL600/700, atau Rockport Technologies yang menggunakan campuran granit dan plastic pada seri Antares. Akan tetapi, bahan yang paling banyak dipakai untuk membuat loudspeaker yang baik adalah MDF (Medium Density Fiberboard) karena MDF ini mempunyai sifat meredam suara dan mudah dibentuk.

Driver-driver  yang terpasang juga memegang peranan yang penting. Driver bisa dibuat dari bahan logam, plastic, kertas, bahkan keramik yang harganya sangat mahal sekalipun. Karakter yang dibentuk dari berbagai jenis driver ini pun berbeda-beda.

Lebih jauh lagi, crossover pada speaker turut memberi peran yang tidak kalah penting. Penentuan cut off frekuensi, integrasi antar-driver dan lain-lain diatur dalam modul kecil yang terletak di belakang atau di bawah kotak speaker ini. Terkadang ada manufaktur yang merancang crossover sedemikian rumitnya hanya untuk memperoleh hasil suara yang bagus. Akan tetapi di lain sisi, ada pula manufaktur yang membuat speaker dengan konsep crossover less, dengan alasan akan memperpendek sinyal suara.

PENULIS: ERWIN ATMAJA

Baca artikel lanjutannya, Tips Membangun High End Audio System (Part II)

Silakan hubungi kami atau isi form berikut untuk konsultasi lebih lanjut:

VOKUZcom

Jl. Hayam Wuruk No. 2 R – S
Jakarta Pusat, 10120
Telp: 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143

 

About Us

Selain bergerak sebagai distributor dan retail atas produk-produk audio video, VOKUZcom meningkatkan usahanya dengan menyediakan jasa profesional Audio Video System Integration (AVSI). Dengan didukung oleh tenaga-tenaga profesional dalam bidang audio video, AVSI VOKUZcom siap memenuhi kebutuhan konsumen dalam merancang sistem audio video yang berkualitas pada market entertainment, worship, education, hospitality, enterprise, dan production.

Address

Jl. Hayam Wuruk No.2 R - S
Jakarta 10120 Indonesia

Tel:+62 21 3513351

Fax:+62 21 3458143

Website: www.vokuz.com

 

 

Twitter Feed

VOKUZcom VOKUZcom : Meeting Room Audio Video & Smart Technology Systems Integration Design Installation. https://t.co/LlaKrNIKKT
VOKUZcom Dirgahayu Republik Indonesia ke-72. https://t.co/2LAJQsUY03