Peredam suara – Memahami perbedaan bahan insulasi suara dan bahan serap suara

Bahan Peredam Suara dan Bahan Serap Suara

Pemahaman masyarakat umum tentang bahan peredam suara adalah bahan yang dapat mengurangi kebocoran suara di sebuah ruangan. Bahan peredam suara tersebut dapat juga mengurangi pantulan suara di dalam ruangan. Bahan peredam suara yang umum digunakan untuk keperluan tersebut adalah: rockwool, glasswool, karet busa, gabus dan sebagainya.Tetapi sayangnya pemahaman peredam suara tersebut di atas kurang tepat sehingga menyebabkan permasalahan kegagalan pekerjaan dalam mengatasi kebocoran suara ataupun penyerapan pantulan suara.

Berikut adalah penjelasan sederhana mengenai perbedaan bahan insulasi suara atau sound insulation material dan bahan peredam suara atau sound absorbing material. Dari keterangan dibawah ini dapat diketahui perbedaan dasar mengenai perbedaan bahan peredam suara dan bahan insulasi suara.
Bahan insulasi suara.

Definisi teknis bahan insulasi peredam suara adalah bahan yang dapat menginsulasi perpindahan suara.

Peredam Suara

Bahan insulasi suara umumnya dipakai untuk mencegah gangguan suara dari sebuah ruangan ke ruangan lainnya seperti ilustrasi dibawah ini.

Peredam Suara

Kemampuan sebuah material peredam suara untuk menginsulasisuara di tentukan dengan nilai STC atau Sound Transmission Class atau Sound Transmission  Loss. STC adalah nilai tunggal yang dinyatakan dalam besaran dB (decibel). Sound Transmission Loss adalah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.

Bahan peredam suara

Definisi teknis bahan peredam suara adalah bahan yang mampu menyerap energi suara.

Peredam Suara

Bahan insulasi suara umumnya dipakai untuk meredam suara yang memantul dalam sebuah ruangan seperti ilustrasi dibawah ini.

Peredam Suara

Kemampuan sebuah material peredam suara untuk menyerap suara di tentukan dengan nilai NRC atau Noise Reduction Class atau Sound Absorbing Coefficient. NRC adalah nilai koefisien. Sound Absorbing CoeTransmission Loss adalah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.

Penutup
Apabila kita memiliki permasalahan dengan gangguan suara seperti kebocoran suara atau pantulan suara yang mengganggu, dan menginginkan solusi yang terbaik dengan harga yang sesuai, kami menyarankan untuk mempelajari spesifikasi bahan peredam suara yang akan dibeli beserta metode pemasangan peredam suara.

Baca Juga :

  1. Tips Membuat Panel Akustik

  2. Desain Akustik dan Fungsi Ruang

  3. Soundproofing partition - dinding partisi

  4. Solusi gangguan kebisingan yang disebabkan oleh pengeras suara dari kegiatan beribadah di masjid

  5. Cara Mengatasi Kebocoran Suara Karena Frekuensi Rendah dengan Soundproofing Raised Floor

  6. Perhitungan resonansi ruang untuk studio musik, home theater, dan ruang musik lainnya

  7. Tiga Kesalahan Umum Insulasi Suara

  8. Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan : Room Reverberation Time

  9. Memahami Perbedaan Peredam Insulasi Suara Dengan Peredam Serap Suara

 

Hubungi kami untuk informasi produk Peredam Suara (Material Peredam Suara) di :

VOKUZcom
Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
Jakarta Pusat, 10120
Telp : 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143