|  Selamat Datang di VOKUZcom - Audio Video System Integrator & Store
Contact Us: +62 21 3513351 
 

Kabel Audio Interkonek Terbaik

Definisi Kabel Audio Interkonek

Kabel audio interkonek adalah kabel yang menghubungkan dua perangkat audio, misalnya sinyal audio dari CD player ke amplifier. Idealnya sebuah kabel audio berfungsi sebagai penghubung gelombang listrik yang memiliki stabilitas muatan karakter sinyal terhadap komponen yang dihubungkan. Umumnya kabel audio interkonek memiliki diterminasi dengan konektor RCA (unbalance) atau XLR (balance).

Kabel audio interkonek memiliki peran yang penting bagi professional yang bekerja di dunia musik yang mana kualitas audio sebuah musik adalah hal yang sangat penting. Kabel audio interkonek juga adalah hal yang penting bagi penggemar musik yang ingin mendengarkan musik mendekati suara aslinya.

Definisi kabel audio interkonek yang baik adalah kabel yang dapat menghantarkan sinyal audio dari dua perangkat tanpa pengurangan sinyal audio, perubahan sinyal audio atau penambahan sinyal audio. Hal ini menyebabkan kabel audio interkonek memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Parameter Elektronik Kabel Audio Interkonek

Pengurangan sinyal audio disebabkan oleh hambatan yang terjadi pada material konduktor. Logam umumnya memiliki nilai konduktor yang baik dibandingkan material lain. Logam yang memiliki nilai konduksi yang baik adalah perak, tembaga, dan alumunium. Tabel di bawah adalah tabel nilai hambatan, massa jenis, dan perbandingan hambatan per massa jenis untuk beberapa jenis material yang diambil sebagai contoh dari Wikipedia.

Material

Hambatan (nΩ·m)

Massa Jenis (g/cm3)

Perbandingan Hambatan – Massa Jenis
(nΩ·m·g/cm3)

Sodium

47.7

0.97

46

Lithium

92.8

0.53

49

Calcium

33.6

1.55

52

Potassium

72.0

0.89

64

Beryllium

35.6

1.85

66

Aluminium

26.50

2.70

72

Magnesium

43.90

1.74

76.3

Copper

16.78

8.96

150

Silver

15.87

10.49

166

Gold

22.14

19.30

427

Iron

96.1

7.874

757


Teknologi dan penelitian mengenai material konduktor terus berkembang. Sampai dengan saat ini, telah banyak temuan-temuan baru mengenai pengolahan material, jenis material baru, dan sebagainya yang bertujuan untuk membuat nilai hambatan listrik mendekati 0. Material yang nilai hambatannya paling kecil itu yang paling bagus. Juga, jumlah kadar massa jenis itu dapat mempengaruhi nilai jual. Jadi, perlu ada pertimbangan untuk kedua unsur tersebut.

Pengurangan sinyal audio juga disebabkan oleh penyerapan sinyal audio oleh material insulasi kabel. Perubahan sinyal audio disebabkan oleh fenomena skin effect pada penampang kabel. Skin effect adalah perubahan nilai hambatan konduktor sesuai dengan perubahan frekuensi. Skin effect menyebabkan perubahan tonal balance. Skin effect berpengaruh terhadap perubahan aliran waktu. Selain parameter elektronik yang disebut di atas, masih ada beberapa aspek teknis lainnya yang juga turut mempengaruhi kualitas sinyal audio, seperti proximity effect, induktansi, impedansi, dan lain-lain. Banyak perusahaan manufacturer, peneliti, designer, pencinta audio melakukan eksperimen untuk menghasilkan kabel audio yang memiliki karakter suara yang ideal. 

Karakter Suara Kabel Audio Interkonek

Kabel audio interkonek memiliki karakter audio yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Karakter audio kabel audio dipengaruhi oleh parameter elektrik, seperti hambatan, kapasitasitansi, induktansi, impedansi yang dipengaruhi oleh material dan bentuk kabel. Semakin bagus karakter suaranya, akan semakin tinggi pula harga kabelnya. Tentu kualitas akan mengikuti harga.

Secara umum, parameter karakter audio dapat dibagi menjadi empat parameter audio yang penting yaitu level, tonal, waktu, dan ruang.

  • Level suara berhubungan dengan tingkat kekerasan suara yang dapat dihantarkan oleh kabel. Kabel audio interkonek yang lebih baik akan memiliki level suara yang lebih besar dibandingkan dengan kabel audio interkonek yang kurang baik.
  • Akurasi tonal adalah keseimbangan presentase suara bass midrange dan treble. Semakin baik kabel audio interkonek, maka tonality kabel tersebut semakin memiliki keseimbangan yang merata untuk setiap frekuensi mulai dari 18 Hz sampai dengan 26,000 Hz.
  • Waktu berhubungan dengan attack dan decay sebuah suara. Attack adalah satuan waktu yang diperlukan oleh sebuah suara untuk sampai pada level puncak sebelum meluruh. Decay adalah satuan waktu yang dibutuhkan oleh sebuah suara untuk meluruh. Kabel yang baik tidak memperlambat attack atau mempercepat decay. Akan berjalan stabil.
  • Spatial berhubungan dengan space atau ruang. Kabel yang baik akan memberikan presentase suara yang berkesan besar dibandingkan kabel yang kurang baik. Misalnya, suara sebuah grand piano akan terdengar lebih kecil apabila menggunakan kabel audio interkonek yang kurang baik.

Beberapa Kabel Audio Interkonek Terbaik VOKUZcom

Kisaran harga kurang dari Rp. 1.000.000,-/1 meter stereo premade

  • Avionics Mustang Audio Cable ini mampu menghasilkan suara bass yang lebih bulat dan treble yang lebih halus dibandingkan dengan kabel audio standar lainnya. Kabel ini menggunakan konduktor Oxygen Free Copper (OFC).
  • Straight Wire Concerto Audio Cable ini mampu menghasilkan peningkatan kualitas suara musik dengan harga yang relatif ekonomis. Kabel ini menggunakan konduktor Oxygen Free Copper (OFC).
  • Avionics Apache Audio Cable ini mampu menghasilkan suara low bass yang terasa merambat di lantai. Frekuensi mid terdengar lebih real dan nada tinggi yang halus. Kabel ini menggunakan konduktor Monocell Structure Copper (MSC).

Kisaran harga Rp 1.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,-/1 meter stereo premade

Kisaran harga Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,-/1 meter stereo premade

  • Straight Wire Virtuoso Audio Interconnect Cable ini memiliki keseimbangan artikulasi dan warna nada musik dengan koherensi yang dibedakan dan berdinamika. Tidak ada kabel lain yang telah mengalami perbaikan yang telah diteliti oleh para kritikus musik dan pencinta musik pada umumnya. Terdapat diterminasi konektor RCA (unbalance) atau XLR (balance).
  • Harmonic Technology Single Crystal Magic Link Two Interconnect Cable adalah kabel audio interkonek level teratas dari Harmonic Technology. Kabel ini menggunakan konduktor Single Crystal Copper 6N and Single Crystal Silver 7N.
  • Analysis Plus Silver Oval In Audio Cable ini dikonstruksi dengan material yang sama dengan silver oval dan berbentuk hollow oval dengan pola braided. Kabel interkonek ini dibungkus dengan shield yang berpola braided untuk menghasilkan suara yang nyaman di telinga.

Untuk kejelasan lebih lanjut mengenai informasi dan produk kabel audio interkonek terbaik, segera hubungi kami atau isi form berikut:

VOKUZcom

Jl. Hayam Wuruk No. 2 R – S
Jakarta Pusat, 10120
Telp: 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143

About Us

Selain bergerak sebagai distributor dan retail atas produk-produk audio video, VOKUZcom meningkatkan usahanya dengan menyediakan jasa profesional Audio Video System Integration (AVSI). Dengan didukung oleh tenaga-tenaga profesional dalam bidang audio video, AVSI VOKUZcom siap memenuhi kebutuhan konsumen dalam merancang sistem audio video yang berkualitas pada market entertainment, worship, education, hospitality, enterprise, dan production.

Address

Jl. Hayam Wuruk No.2 R - S
Jakarta 10120 Indonesia

Tel:+62 21 3513351

Fax:+62 21 3458143

Website: www.vokuz.com

 

 

Twitter Feed

VOKUZcom VOKUZcom : Meeting Room Audio Video & Smart Technology Systems Integration Design Installation. https://t.co/LlaKrNIKKT
VOKUZcom Dirgahayu Republik Indonesia ke-72. https://t.co/2LAJQsUY03