|  Selamat Datang di VOKUZcom - Audio Video System Integrator & Store
Contact Us: +62 21 3513351 
 

Bagaimana Cara Instalasi Kabel Home Theater yang Baik (Part I)

Apabila ingin lebih menghemat biaya, Anda dapat menginstal dan men-setup peralatan audio video sendiri. Namun, pahami terlebih dahulu caranya sebelum menginstal kabel home theater. Terutama mengenai pengetahuan dan kesanggupan Anda secara pribadi. Apabila Anda belum memiliki banyak pengalaman tentang instalasi kabel home theater yang baik, silakan baca artikel ini secara menyeluruh. Umumnya lebih mudah untuk melakukan instalasi kabel home theater sebelum menutup panel akustik dan dekoratif. Pastikan Anda berpengalaman dalam menggunakan bor listrik, tangga, dan lain-lain. Selain itu, proses akan berjalan lebih lancar apabila pekerjaan instalasi kabel home theater dilakukan oleh lebih dari satu orang. Jadi, pastikan Anda memiliki pembantu untuk mengerjakan bagian yang sulit. Akan tetapi, apabila Anda ragu untuk menginstal kabel sendiri atau tidak memiliki alat yang tepat, maka disarankan agar menyewa jasa installer kabel yang profesional. Installer kabel profesional tentu menjamin hasil pekerjaan yang rapi dan aman.

Tips Keamanan dalam Instalasi Kabel Home Theater

Pastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang konstruksi bangunan dan kebakaran (fire codes). Sebelum memulai bekerja, silakan baca dan ikuti pedoman keselamatan kerja di bawah ini.

  • Apabila instalasi kabel home theater dilakukan di rumah yang masih dalam tahap pembangunan, ikuti prosedur keselamatan yang telah ditetapkan oleh manajemen proyek. Termasuk prosedur yang berkaitan dengan penggunaan dan penyimpanan kabel ekstensi dan alat-alat listrik. Ingat, Anda bekerja di lokasi konstruksi. Jadi, tetaplah berhati-hati.
  • Dalam menginstal kabel home theater di rumah yang sudah dihuni, pastikan daerah di balik dinding Anda sudah diamankan sebelum proses pengeboran dan instalasi.
  • Apabila Anda mengebor sebuah lubang di beton lantai untuk jalur kabel, perkuatlah bagian itu dengan dempul yang memiliki label tahan api dari National Electric Code atau lembaga sejenisnya.
  • Apabila bekerja dengan menggunakan tangga, tempatkan tangga di posisi strategis yang cukup dekat dengan area Anda bekerja. Perhatikan anak tangga saat naik dan turun, serta selalu berpegangan dan berpijak dengan kuat. Jangan membawa material berat saat menaiki tangga yang dapat menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh.
  • Matikan daya di area pengeboran atau pemotongan untuk menghindari bahaya sengatan arus listrik.
  • Lepaskan komponen elektronik pada saat melakukan instalasi kabel. Setelah instalasi telah dilakukan dengan rapi dan telah dapat mengalirkan listrik dengan baik tanpa korsleting, maka komponen siap dipasangkan kembali.

Memilih Kabel Home Theater yang Tepat

Jenis kabel di dalam dinding yang Anda gunakan akan bergantung pada jenis sinyal yang Anda perlukan. Apapun jenis kabel yang Anda pilih, pastikan untuk mendapatkan satu yang telah diuji, dinilai, dan disahkan keamanannya oleh Underwriters Laboratorium (UL) atau lembaga standardisasi yang setara. Untuk kabel speaker dan kabel audio video, biasanya diberi label CL2 atau CL3, sedangkan kabel Ethernet diberi label CM, CMR, atau CMP. Kabel yang aman terhadap api adalah kabel yang telah memperhitungkan tingkat panas atau percikan api yang terjadi akibat arus listrik yang mengalir melalui kabel. Lalu, seberapa cepat kabel tersebut akan terbakar dan merambatkan api apabila terkena percikan api. Juga, nilai kerentanan kabel apabila mendapatkan tekanan eksternal. Pastikan kabel yang Anda beli telah memenuhi standardisasi keamanan bangunan Anda.

Kabel Speaker

Ada dua faktor penting untuk mempertimbangkan memilih kabel speaker, yaitu diameter dan banyaknya konduktor. Diameter kabel bergantung dengan seberapa jauh jarak kabel dari receiver ke speaker. Semakin kecil American Wire Gauge (AWG) atau diameternya, semakin tebal kabelnya. Penyusutan daya yang signifikan dapat terjadi lebih lama sehingga menghasilkan performa yang lebih rendah. Sementara itu, mungkin tidak akan terjadi masalah di single-room setup, tetapi dapat bermasalah bagi multi-room system. Gunakanlah tabel di bawah ini sebagai pedoman untuk menyeleksi diameter kabel.

Jarak dari speaker ke amplifier

AWG

Kurang dari 24 meter

16

24 sampai 60 meter

14

Lebih dari 60 meter

12


Anda dapat memilih kabel speaker monowire atau biwire. Kabel speaker monowire yang berisi dua konduktor adalah kabel yang dibutuhkan untuk satu buah speaker home theater monowire. Kabel biwire yang berisi empat konduktor digunakan untuk satu buah speaker biwire atau dua buah speaker monowire atau speaker multi-room audio dengan fitur kontrol volume. Misalnya, apabila akan menggunakan kabel dari receiver di ruang tamu Anda ke sepasang speaker dengan kontrol volume di ruang makan, Anda dapat mengunakan kabel empat konduktor dari receiver ke kontrol volume dan kabel dua konduktor dari kontrol volume untuk setiap speaker. Tentu saja apabila tidak memiliki kabel dengan empat konduktor, Anda bisa juga menggunakan kabel dengan dua konduktor.

cable with two or four conductor 1

Kabel A dengan dua konduktor. Kabel B dengan 4 konduktor.

Kabel Ethernet (CAT-5, -5e, -6)

Ada beberapa manfaat untuk kabel Ethernet, seperti menciptakan jaringan komputer kabel, membawa sinyal digital audio video atau menghubungkan sensor, switch dan sistem kontrol yang dipasangkan di sebuah rumah. Jenis kabel ini yang sering disebut sebagai CAT-5. Akan tetapi saat ini, Anda mungkin akan menginstal CAT-5e atau CAT-6. Kabel ini dapat menyalurkan data lebih banyak dan mengirim data bahwa pada tingkat yang lebih cepat. CAT-5e dan CAT-6 produk yang harmonis dengan perangkat yang dirancang untuk bekerja dengan CAT-5 kabel.

Benefit dari menggunakan kabel Ethernet adalah mampu menyalurkan sinyal audio video. Penggunaan kabel Ethernet untuk keseluruhan sistem audio video pada rumah tumbuh lebih populer. Performa kabel Ethernet terhadap gangguan tampak lebih baik daripada kabel audio video lainnya, bahkan berbagai unshielded umum, yang disebut UTP (Unshielded Twisted Pair). Menggunakan kabel Ethernet juga dapat menghemat biaya dalam jangka waktu yang panjang.

Perencanaan Lintasan Kabel Home Theater

Aturan Dasar Perencanaan Lintasan Kabel Home Theater

  • Untuk lintasan kabel pada ruangan baru, buatlah gambar lintasan kabel sebelum memulai kerja untuk menghemat kabel dan menghemat biaya kerja.
  • Untuk lintasan kabel pada ruangan yang jadi jalur kabel dapat melewati karpet, panel dinding, di belakang furnitur, atau melalui sudut ruangan.
  • Kabel audio video boleh ditarik sejajar dengan kabel audio video yang lain.
  • Buatlah lintasan kabel audio video tegak lurus 90 derajat terhadap kabel AC.
  • Apabila lintasan kabel audio video harus sejajar dengan kabel AC, pastikan kabel tersebut berjarak minimal 30cm.
  • Hindari menggunakan conduit kabel yang sama antara kabel AC dan kabel audio video.

Hindari Kabel AC Power

Ada sejumlah alasan yang kuat untuk menghindari kabel AC. Alasan pertama, pengeboran dan bekerja di dekat jalur kabel AC, meningkatkan kemungkinan Anda akan tidak sengaja merusak kabel atau conduit jalur AC tersebut. Alasan kedua, apabila Anda menarik kabel melalui lubang yang sama dalam conduit kabel AC, gesekan antardua kabel bisa mengganggu atau menipiskan atau merobek pembungkus kabel AC. Alasan ketiga, kabel audio video yang ditarik sejajar dengan jalur kabel AC dapat menurunkan kualitas gambar atau suara karena induksi dari arus listrik AC dengan frekuensi 50Hz dapat memberikan distorsi pada gambar dan suara.

PlAnNiNg ThE wIrE rOuTe

(A) Menggunakan kabel tegangan rendah dengan kabel listrik yang dapat mengakibatkan kinerja yang buruk dan meningkatkan kemungkinan merusak AC line. (B) Jika kabel dan kabel power bersinggungan, tetap harus menjaga jarak. Minimal dalam sudut 90 derajat.

Menghitung Kebutuhan Kabel Home Theater

Setelah Anda selesai dengan gambar lintasan kabel, maka sekarang Anda sudah dapat menghitung kebutuhan setiap lintasan kabel. Cara kerjanya dari titik ke titik dengan hati-hati tanpa mengabaikan sedikit detail pun. Mungkin lebih baik membuat catatan tentang apa yang Anda instal di setiap kamar dan semua kabel, bracket, dan lain-lain. Jika Anda berencana bekerja lantai, gunakan penggaris skala. Lebih baik lagi, melintas melalui rumah Anda. Pikirkan di mana letak kabel pada sudut yang menaik atau menurun di dinding. Mengkonversi dan mencatat setiap jangka.

Berikut ini adalah contoh bagaimana menghitung lintasan kabel dari receiver ke area plafon surround speaker:

Tepat pada plafon surround speaker

Slack untuk instalasi speaker

1.8 meter

Jangka mendatar dari plafon ke dinding

2.7 meter

Vertikal dari bawah dinding ke pelat dinding

1.8 meter

Pelat dinding ke receiver

1.2 meter

Subtotal

7.5 meter

+ 15% Faktor tambahan

Total 8.7 meter


Teknik yang sama harus diterapkan pada multi-room system. Tergantung pada pengaturan Anda. Proses ini mungkin sedikit lebih terlibat. Berikut ini adalah contoh dari kabel direntangkan dalam satu lantai ruangan, dari receiver di ruang keluarga untuk kontrol volume dan speaker di kantor atau rumah.


Kontrol volume ke receiver, kabel 4 konduktor

Slack untuk instalasi speaker

1.2 meter

Jangka mendatar dari kontrol volume ke plafon

1.2 meter

Plafon untuk pengait kabel di loteng

1.2 meter

Panjang lintasan di loteng

12 meter

Pengait kabel di loteng ke plafon

1.2 meter

Dari plafon ke plate dinding di belakang receiver

2.1 meter

Plate dinding ke receiver

1.5 meter

Subtotal

20.4 meter

+ 15% faktor tambahan

Total 23.4 meter


Informasi di atas diterjemahkan dari crutchfield.com

Silahkan Konsultasi Untuk Pembangunan dan Desain Home Theater, Dengan Mengisi Form Dibawah Ini:

Untuk lanjutan artikel ini, Anda dapat membaca artikel Bagaimana Cara Instalasi Kabel Home Theater (Part II). Untuk keterangan lebih mendalam mengenai informasi instalasi kabel home theater yang baik, segera hubungi kami di:

VOKUZcom

Jl. Hayam Wuruk No. 2 R – S
Jakarta Pusat, 10120
Telp: 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143

 

About Us

Selain bergerak sebagai distributor dan retail atas produk-produk audio video, VOKUZcom meningkatkan usahanya dengan menyediakan jasa profesional Audio Video System Integration (AVSI). Dengan didukung oleh tenaga-tenaga profesional dalam bidang audio video, AVSI VOKUZcom siap memenuhi kebutuhan konsumen dalam merancang sistem audio video yang berkualitas pada market entertainment, worship, education, hospitality, enterprise, dan production.

Address

Jl. Hayam Wuruk No.2 R - S
Jakarta 10120 Indonesia

Tel:+62 21 3513351

Fax:+62 21 3458143

Website: www.vokuz.com