|  Selamat Datang di VOKUZcom - Audio Video System Integrator & Store
Contact Us: +62 21 3513351 
 

Pentingnya tahap perencanaan untuk membuat Home Theater yang sempurna

Perencanaan Membuat Home Theater

Seberapa penting tahap perencanaan untuk membuat home theater yang sempurna? Berikut sekilas penggambaran tentang home theater. Memilih tim home theater design dengan benar.Apabila anda memiliki sebuah impian untuk membangun sebuah ruangan home theater hiburan yang terintegrasi di rumah anda dengan anggaran yang cukup besar, sebaiknya memulainya dengan mencari team home theater design yang benar.

Dengan memiliki home theater tim design yang benar anda dapat menghemat waktu, tenaga dan anggaran di sertai dengan hasil yang benar yang sesuai dengan keinginan hati, gaya hidup dan cita rasa anda pribadi atau anda sekeluarga.

Komunikasi Awal

Anda bisa memulai tahapan ini dengan memanggil beberapa tim home theater design yang anda tahu atau anda kenal, atau yang direferensikan oleh kawan anda atau toko audio video kenalan anda. Saya menyarankan anda untuk melakukan komunikasi awal dengan dua atau tiga home theater designer sebelum memutuskan kepada siapa anda akan menyerahkan tanggung jawab pembangunan proyek home theater idaman anda.
Jelaskan kepada designer designer tersebut kriteria-kriteria yang anda inginkan, anggaran yang anda miliki dan batasan-batasan yang mungkin ada. Dari komunikasi awal dengan dua atau tiga designer ini, anda akan mengetahui tim home theater design mana yang paling cocok dan terbaik untuk bekerja sama dengan anda membangun home theater milik anda.

Beberapa masalah biasanya timbul pada tahapan ini. Untuk itu berikut ini adalah saran dari saya. Pikirkan dengan matang, rencana anggaran anda, kriteria home theater design dan kualitas serta batasan-batasan yang anda miliki dan jelaskan secara rinci hal tersebut dengan designer anda. Kedua, jangan langsung menunjuk designer A atau B sebelum melakukan komunikasi awal dan melakukan studi banding dan kelayakan dengan dua atau tiga pembanding.

Kualifikasi designer

Adalah merupakan hak anda untuk mengetahui kualifikasi designer yang akan anda ajak kerja sama. Kualifikasi apa saja yang mereka miliki seperti portofolio home theater design dan pekerjaan, pendidikan formal dan non formal dalam bidang home theater design, apakah designer tersebut seorang one man show atau memiliki sebuah tim design yang terdiri dari beberapa tenaga ahli. Mulailah dengan menyelidiki cita rasa mereka, strong point mereka dan keterbatasan mereka.

Designer yang akan anda ajak kerja sama biasanya juga mematok tarif design yang nilai berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ada yang mematok tarif yang luar biasa tinggi dan ada pula yang memberikan jasa design secara gratis apabila membeli barang-barang melalui mereka. Tetapi sekali lagi tarif honor bukanlah sebuah patokan pasti kualifikasi seorang designer atau tim designer.

Tahap Perencanaan

Apabila anda sudah menetapkan pilihan anda pada designer tertentu maka kita masuk pada tahap perencanaan. Tahap perencanaan di mulai dengan perencanaan ruangan, perencanaan peralatan serta perencanaan instalasi. Pada tahap perencanaan ini, biasanya ada beberapa hal yang membutuhkan penyesuaian atau kompromi. Terkadang kita harus melakukan kompromi terhadap penampilan interior home theater. Apabila kita menginginkan speaker merk A yang di mana menuntut set up perletakan yang membuat pemandangan di ruangan tersebut menjadi tidak lapang, tetapi speaker tersebut adalah merk idaman anda atau anak anda.

Setelah anda dan desainer anda merundingkan segala aspek perencanaan, designer biasanya akan memberikan sketsa atau gambar lay out ruangan yang menggambarkan penempatan peralatan dan furniture. Beberapa saran untuk melakukan pemeriksaan lay out ruangan adalah: perhatikan alur lalu lintas orang dan baran pada ruangan tersebut, perhatikan lokasi duduk atau berdiri pada ruangan tersebut terhadap layar dan speaker, perhatikan posisi posisi penempatan peralatan. Semakin mendetail pemeriksaan anda terhadap home theater design yang di sodorkan semakin sempurnalah hasil akhir ruang hiburan anda.

Sesudah anda memeriksa perencanaan lay-out ruangan, maka tahap kedua adalah pemeriksaan skematik instalasi peralatan. Beberapa saran untuk melakukan pemeriksaan skematik instalasi peralatan adalah perhatikan konektifitas perkabelan antar peralatan, jalur perkabelan, dan yang terpenting adalah pemaksimalan fungsi alat pada instalasi tersebut. Sebagai contoh peralatan anda telah support format video 1080p tetapi anda masih menggunakan kabel standar sehingga anda tidak dapat menikmati kualitas video High Definition.

Design layout ruangan serta perencanaan instalasi peralatan adalah hal yang basic yang umum di laksanakan oleh designer, untuk beberapa designer yang lebih advance mereka memiliki pelayanan design tambahan seperti perencanaan pencahayaan, gambar 3D interior design ruang tersebut, analisa dan perhitungan akustik dan lain lain.

Proses pekerjaan

Apabila anda sudah puas dan yakin dengan konsep home theater design yang telah anda buat bersama dengan designer anda, kini anda masuk dalam tahapan memulai pekerjaan home theater. Umumnya peran designer pada tahapan ini adalah sebagai koordinator pelaksanaan pekerjaan home theater dan melakukan kontrol kualitas untuk tahapan pekerjaan yang harus sesuai dengan konsep rencana awal. Untuk hasil kerja yang sempurna biasanya dalam proses pekerjaan home theater designer boleh melakukan penyesuaian home theater design yang sesuai dengan persetujuan pemilik.

Penyempurnaan pekerjaan home theater dan kalibrasi home theater

Selesailah sudah proyek ruangan home theater yang anda idamkan selama ini, sekarang saatnya melakukan final checking fisik pekerjaan home theater. Final checking fisik pekerjaan home theater meliputi pekerjaan konstruksi home theater dan interior home theater ruangan, instalasi kabel listrik dan koneksi antar perangkat elektronik. Designer akan melakukanlah pendataan hasil final checking fisik pekerjaan home theater dan membuat perencanaan pekerjaan home theater perbaikan apabila di rasa perlu.

Setelah melakukan final checking fisik home theater, tahap kedua adalah final checking fungsi peralatan yang meliputi pengetesan setiap fungsi perangkat sistem home theater tersebut yang mana harus dapat di operasikan sesuai dengan buku petunjuk perangkat home theater tersebut. Pada tahapan ini designer akan melakukan hal seperti diatas dan apabila kerusakan dikarenakan hal teknis perangkat home theater maka designer akan menghubungi pihak dealer peralatan home theater tersebut untuk meminta dukungan teknis.

Tahap terakhir adalah kalibrasi audio home theater dan visual home theater yang mana anda dan designer anda akan duduk bersama sama untuk menilai kualitas audio dan visual home theater sebelum di kalibrasi dan setelah dikalibrasi.

Simak Video Design & Build Kami:

 

 

Untuk Konsultasi Desain Home Theater, Pembangunan Home Theater, dan Pembelian Peredam Suara Akustik Home Theater, Silahkan Isi Form Berikut :

Baca Juga :

  1. Konsultasi Home Theater Design and Build
  2. Desain Ruang Akustik untuk penggemar High End Audio
  3. Home Theater Design
  4. Menentukan posisi speaker dan posisi dengar untuk hasil kualitas suara yang optimal



Informasi Konsultasi Home Theater :

VOKUZcom
Jl. Hayam Wuruk no 2R-S
Jakarta Pusat, 10120
Telp : 021 351 3 351
Fax: 021 345 8 143

About Us

Selain bergerak sebagai distributor dan retail atas produk-produk audio video, VOKUZcom meningkatkan usahanya dengan menyediakan jasa profesional Audio Video System Integration (AVSI). Dengan didukung oleh tenaga-tenaga profesional dalam bidang audio video, AVSI VOKUZcom siap memenuhi kebutuhan konsumen dalam merancang sistem audio video yang berkualitas pada market entertainment, worship, education, hospitality, enterprise, dan production.

Address

Jl. Hayam Wuruk No.2 R - S
Jakarta 10120 Indonesia

Tel:+62 21 3513351

Fax:+62 21 3458143

Website: www.vokuz.com

 

 

Twitter Feed

VOKUZcom VOKUZcom : Meeting Room Audio Video & Smart Technology Systems Integration Design Installation. https://t.co/LlaKrNIKKT
VOKUZcom Dirgahayu Republik Indonesia ke-72. https://t.co/2LAJQsUY03